Kamis, 06 Desember 2012

Contoh Pidato Tentang Dampak Industrialisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


Assalamualaiku Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala  SMA Negeri 1 Gambiran, Bapak Sugeng Santoso, M.Pd selaku guru pembimbing, dan teman-teman yang saya sayangi.
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmad dan hidayahNya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia dan hadirin yang sudah mengizinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang “ Dampak Industrialisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara “.
Hadirin yang berbahagia,
Sekarang ini Negara Indonesia sudah banyak mendirikan industri tekstil. Namun, industri tersebut tentunya mempunyai dampak karena setiap kegiatan pasti akan menimbulkan sebuah dampak. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa yang dimaksud akibat. Dampak secara sederhana dapat dikatakan sebagai pengaruh atau akibat. Dampak ada dua jenis yaitu dapak positif dan negatif. Dampak positif adalah akibat dari sebuah kegiatan yang mempunyai pengaruh baik dan sangat bermanfaat. Sebaliknya  dampak negatif adalah akibat dari sebuah kegiatan yang mempunyai pengaruh buruk dan sangat merugikan.
Hadirin yang saya hormati,
Industrialisasi merupakan suatu gejala yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembangunan karena merupakan mesin dalam peningkatkan pertumbuhan ekonomi. Secara umum industrialisasi mempunyai beberapa dampak yaitu positif dan negatif.
Dampak positif industrialisasi adalah :
1.      Menambah penghasilan penduduk
2.      Menghasilkan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat
3.      Dapat memperluas  lapangan pekerjaan bagi penduduk
4.      Mengurangi ketergantungan Negara pada luar negri
5.      Memperbesar kegunaan bahan mentah
Dampak negatif industrialisasi adalah :
1.      Limbah industrialisasi menimbulkan pencemaran lingkungan
2.      Menimbulkan polusi udara
3.      Pemanasan global
4.      Mobilitas penduduk dan masalah demografi.
Hadirin yang saya muliakan,
Berbagai dampak tersebut tentunya mempunyai pengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Dampak positif industrialisasi membuat kehidupan masyarakat lebih makmur. Dengan adanya lapangan pekerjaan masyarakat mendapat penghasilan untuk membiayai keluarganya. Namun, ada yang sangat meresahkan masyarakat yaitu limbah dari industrialisasi tersebut. Limbahnya banyak menimbulkan pencemaran air, tanah dan udara. Akibatnya banyak hewan dan tumbuhan mati serta rusaknya ekosistem alam. Rusaknya ekosistem tersebut sudah pasti meresahkan dan merugikan masyarakat. Industrialisasi mengakibatkan perpindahan penduduk dari desa ke kota-kota besar. Berdirinya pabrik-pabrik telah mendorong kehidupan baru dalam masyarakat yang sebelumnya masyarakat agraris dan maritim kini semua beralih ke sektor industri.
Saudara-saudara  sekalian,
Industrialisasi mempunyai dampak positif dan negatif yang sangat di butuhkan dan sangat merugikan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu pemerintah harus mengawasi pembuangan limbah industri  dengan sungguh-sungguh. Pelaku industri juga harus melakukan cara-cara pencegahan pencemaran lingkungan hingga seminimal mungkin. Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terimakasih atas perhatian Bapak dan teman-teman.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar