Jumat, 28 Desember 2012

Tertawa Hilangkan Stres dan Cegah Penyakit


Tertawa adalah pekerjaan yang paling mudah, asal ada pemicu untuk tertawa tentunya raut muka yang tadinya murung menjadi riang gembira. Tertawa tentunya bisa berkembang karena kenangan indah atau lelucon yang dilontarkan oleh teman kita. Namun persoalanya, kadang hal sepele ini kerap dilupakan akibat berbagai tuntutan hidup yang berbuntut stres. Padahal stres yang berkepanjangan (kronik) itu akan menyebabkan sistem imun kita menurun, malahan Dr. Yul Iskandar (pakar psikiater) stres dapat menyebabkan penyakit kanker hingga stroke.
            Dr. Yul Iskandar menyarankan orang untuk tertawa. Pasalnya orang yang tertawa akan lebih mudah cepat sembuh dari penyakitnya dari pada orang lebih banyak mengeluh dan menangis. Namun, menurut pakar psikiater RS Dharma Graha tertawa biasa/tertawa yang dibuat-buat akan jauh berbeda dengan terapi tertawa. Terapi tertawa merupakan terapi yang dimulai dengan tahap demi tahap, sehingga efek yang dirasakan betul-betul bermanfaat. Tak heran kalau RS Dharma Graha ini telah mengembangkan teknik terapi sejak tahun 1990an.
            Tehnik terapi sendiri dianjurkan diikuti 5-10 orang dalam bentuk group yang dipandu oleh pemandu yang mampu menguasai materi dan mudah tertawa. Sebelum tertawa dimulai bersama-sama, harus dilakukan latihan pernafasan terlebih dahulu yang meliputi pernapasan perut dan pernapasan diafragma. Kemudian pemandu memberikan aba-aba atau instruksi untuk tertawa bersama-sama, sekeras-kerasnya dan selebar-lebarnya.
            Tehnik terapi ini memiliki beberapa manfaat diantaranya :
1.      Wajah rileks, kerut-kerut hilang dan awet muda
2.      Tertawa dalam 5 sampai 10 menit mampu merangsang pengeluaran endhorpin, serotin ditambah melatonin yang merupakan zat kimia positif
3.      Tertawa mengurangi pengeluaran adrenalin, kotrisol serta radikal bebas yang termasuk zat kimia jahat
4.      Mampu menurunkan takanan darah dan detak jantung serta mengurangi kadar kolestrol jahat.
Jadi tertawa adalah kegiatan yang sangat mudah dilakukan dan mempuyai manfaat yang banyak dan sangat ampuh.
            Artikel ini adalah artikel yang dibacakan teman saya waktu tugas presentasi Bahasa Indonesia. Saya tertarik dengan artikel ini karena ini adalah hal kecil yang manfaatnya sangat besar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar